Pentingnya Belajar Sains Sejak Dini, Ini Segudang Manfaatnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

MYHOMMY.ID – Mengapa langit Berwarna biru? Mengapa telinga kita berbentuk seperti itu? Mengapa roti mengembang di oven? Ya, sejak usia sangat muda, anak-anak secara alami ingin tahu dan selalu ingin tahu tentang dunia di sekitar mereka.

Sebagai pendidik anak usia dini, Anda pasti dibombardir dengan banyak pertanyaan setiap hari tentang cara kerja dan mengapa sesuatu terjadi.

Meskipun tidak setiap anak akan belajar sendiri geometri pada usia 12 seperti Albert Einstein, ada segudang cara sederhana untuk mengintegrasikan pembelajaran STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) ke dalam lingkungan dan program pendidikan dan perawatan anak usia dini.

Apakah itu membangun saluran air di pasir, mengamati pergerakan matahari, atau menjelajahi alam, pendidik anak usia dini dapat membantu memicu kecintaan terhadap sains.

Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan bagi anak dan pendidik, proses yang mendukung pengajaran sains sebenarnya sangat sesuai dengan praktik belajar mengajar anak usia dini.

Eksplorasi dan penelitian ilmiah memberi anak-anak dan orang dewasa kesempatan untuk mengeksplorasi, bertanya, memecahkan masalah, bekerja sama, dan berkomunikasi dengan orang lain, dan menjadi lebih bersemangat dan ingin tahu tentang dunia di sekitar kita.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak secara alami terlibat dengan konsep dan proses ilmiah dalam permainan mereka dan saat menjelajahi dunia mereka. Pendidik anak usia dini dapat mengenali, merayakan, dan membangun momen-momen ini.

Kerangka pembelajaran tahun-tahun awal menyarankan para pendidik memanfaatkan ‘repertoar praktik pedagogik’, termasuk belajar melalui permainan, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung penyelidikan dan eksperimen, dan melalui pengajaran untuk merangsang keajaiban dan kolaborasi.

Saatnya bereksperimen

Di dapur

Haus untuk belajar tentang sains? Dapur adalah tempat yang tepat untuk mengeksplorasi sains bersama anak-anak. Bergantung pada eksperimennya, Anda mungkin bisa membuat suguhan makanan yang lezat untuk dibagikan dalam prosesnya.

Tubuh manusia

Sains tidak hanya mengajarkan anak-anak tentang dunia di sekitar mereka, tetapi juga dapat mengajarkan mereka lebih banyak tentang diri mereka sendiri. Belajar tentang tubuh manusia sejak usia muda dapat sangat membantu dalam meningkatkan kepercayaan diri anak-anak dan pemahaman mereka tentang tubuh mereka sendiri dan fungsinya.

Insinyur kecil dan pemecahan masalah

Kegiatan rekayasa pada anak usia dini, membantu anak mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan hal-hal kritis. Kegiatan ini juga sering dilakukan dalam kelompok, yang menantang peserta untuk berkomunikasi secara efektif dan bekerja sama dengan timnya.

Membuat rumah dari kertas Tautan eksternal – temukan bagaimana berbagai bentuk dapat digunakan untuk membangun struktur bahkan dari kertas.

Dunia luas yang besar

Sains mendorong pemahaman kehidupan nyata tentang dunia di sekitar kita. Meskipun masih banyak fenomena yang tidak dapat dijelaskan, ada banyak aktivitas sederhana yang dapat membantu membangkitkan minat pada dunia di usia muda.

Keluar di alam

Penelitian menunjukkan permainan alam Tautan eksternal adalah cara yang sangat efektif untuk menanamkan STEM dalam pendidikan anak usia dini. Permainan alam secara luas disebut sebagai permainan tidak terstruktur dalam pengaturan alami dan memberi anak kesempatan untuk belajar melalui penjelajahan lingkungan dan menguji teori mereka secara langsung.

Menumbuhkan berbagai keterampilan STEM adalah cara yang bagus bagi anak-anak untuk belajar dan terlibat dalam siklus hidup tanaman.***

Referensi: https://earlychildhood.qld.gov.au/
Ilustrasi: Pexels/Mart Production

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *