Kenali Tumbuh Kembang Anak Prasekolah, Begini Tahap Kemampuannya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

MYHOMMY.ID – Parents, dari usia 4 hingga 5 tahun, keterampilan motorik kasar anak (menggunakan lengan dan kaki untuk bergerak dan bermain) dan keterampilan motorik halus (mengerjakan kerajinan tangan dan teka-teki) masih berkembang. Waktu bermain menjadi semakin imajinatif dan menjadi bagian penting dalam tumbuh kembang anak.

Tonggak Perkembangan

Dokter menggunakan tonggak tertentu untuk mengetahui apakah seorang anak berkembang sesuai harapan. Ada berbagai macam hal yang dianggap normal, sehingga beberapa anak memperoleh keterampilan lebih awal atau lebih lambat dibandingkan anak lainnya. Anak-anak yang lahir prematur akan mencapai tahap perkembangan di kemudian hari. Selalu bicarakan dengan dokter tentang kemajuan anak, terutama jika ada kekhawatiran.

Apa yang dapat dilakukan anak yang berusia 4 hingga 5 tahun pada usia ini?

Saat anak terus bertumbuh, Anda akan melihat kemampuan baru dan menarik yang dikembangkan anak. Meskipun kemajuan anak-anak mungkin berbeda-beda, berikut adalah beberapa pencapaian umum yang mungkin dicapai anak-anak dalam kelompok usia ini:

Anak usia 4 tahun

•Menyanyikan lagu

• Melompat dengan satu kaki

• Menangkap dan melempar bola dengan tangan

• Berjalan ke bawah sendirian

• Menggambar seseorang dengan tiga bagian tubuh yang terpisah

• Memahami perbedaan antara fantasi dan kenyataan

• Menggambar sebuah lingkaran dan persegi

• Mampu berpakaian sendiri

• Mampu menarik ritsleting setelah terpasang

Anak usia 5 tahun

•Lompat tali

• Berjalan mundur

• Mampu menyeimbangkan badan dengan satu kaki selama minimal 5 detik

• Mampu menggunakan gunting

• Mulai belajar cara mengikat sepatu

• Menggambar sebuah segitiga

• Menggambar seseorang dengan enam bagian tubuh

• Tahu alamat dan nomor telepon

• Mengenali dan melafalkan alfabet

• Menulis nama depan

• Mulai membantu pekerjaan rumah

• Mulai kehilangan gigi susunya

Bagaimana kemampuan bicara anak yang berusia 4 hingga 5 tahun?

Perkembangan bicara pada anak merupakan hal yang sangat menarik bagi para orang tua karena mereka melihat anaknya menjadi makhluk sosial yang dapat berinteraksi dengan orang lain.

Pada usia ini, seorang anak biasanya dapat memahami bahwa huruf dan angka adalah simbol dari benda dan gagasan nyata, dan dapat digunakan untuk bercerita dan memberikan informasi.

Sebagian besar akan mengetahui nama dan jenis kelamin anggota keluarga serta informasi pribadi lainnya. Mereka sering bermain-main dengan kata-kata dan mengarang kata-kata.

Kosa kata anak usia 4 dan 5 tahun berkisar antara 1.000 hingga 2.000 kata. Bicara pada usia ini seharusnya dapat dimengerti sepenuhnya, meskipun mungkin terdapat beberapa kesalahan perkembangan suara dan kegagapan, terutama pada anak laki-laki.

Meskipun setiap anak mengembangkan kemampuan bicaranya dengan kecepatannya masing-masing, berikut adalah beberapa pencapaian umum yang mungkin dicapai anak-anak pada kelompok usia ini:

anak usia 4 tahun

• Dapat menyusun empat sampai lima kata menjadi satu kalimat

• Mengajukan pertanyaan terus-menerus

• Mungkin mengetahui satu warna atau lebih

• Suka bercerita

• Mungkin menggunakan kata-kata yang “buruk” (jika dia pernah mendengarnya diucapkan berulang kali)

Anak usia 5 tahun

• Dapat menyusun enam hingga delapan kata menjadi satu kalimat

• Mungkin mengetahui empat warna atau lebih

• Mengetahui hari dalam seminggu dan bulan

• Dapat menyebutkan nama koin dan uang

• Dapat memahami perintah dengan banyak instruksi

• Sering berbicara

Apa yang dipahami anak yang berusia 4 hingga 5 tahun?

Ketika kosakata anak meningkat, pemahaman dan kesadarannya terhadap dunia di sekitar mereka juga meningkat. Anak pada usia ini mulai memahami konsep dan dapat membandingkan ide-ide abstrak.

Meskipun kemajuan anak-anak mungkin berbeda-beda, berikut adalah beberapa pencapaian umum yang mungkin dicapai anak-anak dalam kelompok usia ini:

anak usia 4 tahun

• Mulai memahami waktu

• Mulai kurang menyadari diri sendiri dan lebih sadar terhadap orang-orang di sekitarnya

• Mungkin menaati peraturan orang tua, namun tidak memahami mana yang benar dan mana yang salah

• Percaya bahwa pemikirannya sendiri dapat mewujudkan sesuatu

anak usia 5 tahun

• Peningkatan pemahaman tentang waktu

• Penasaran dengan fakta nyata tentang dunia

• Mungkin membandingkan peraturan orang tua dengan peraturan teman.***

Ilustrasi: Pexels/Yan Krukau

Referensi: choc.org

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *